- Siswa langsung terlibat ke dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan pengetahuan mereka dengan menekankan pada belajar melalui praktik.
- Guru dituntut menggunakan alat bantu dan berbagai cara dalam membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan dan cocok bagi siswa.
- Guru harus bisa mengatur kelas dengan berbagai variasi seperti memajang buku-buku dan bahan ajar yang lebih menarik dan menyediakan alat-alat pembelajaran.
- Guru menerapkan tentang cara mengajar yang lebih koopertif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok dengan berbagai suasana.
- Guru mendorong, memberikan motivasi siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan masalah, untuk mengungkapkan gagasannya, dan melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan belajarnya.
Fase
|
Jenis Kegiatan
|
Kemampuan Guru
|
Kegiatan Mengajar
|
Guru merancang dan mengelola KBM yang mendorong
siswa berperan aktif dalam pembelajaran
|
Guru melaksanakan KBM dalam kegiatan yang beragam
misalnya:
|
Guru menggunakan alat bantu dan sumber yang beragam
|
Sesuai mata pelajaran, guru menggunakan, misalnya:
|
Guru memberi kesempatan kepada siswa mengembangkan
ketrampilannya
|
Lingkungan siswa:
|
Guru memberi kesempatan kepada siswa mengungkapkan
gagasannya sendiri sacara lisan atau tulisan
|
Melalui:
|
Guru menyesuaikan bahan dan kegiatan belajar dengan
kemampuan siswa
|
Siswa dikelompokan sesuai dengan kemampuan (untuk
kegiatan tertentu) bahan pelajaran disesuaikan dengan kemampuan kelompok
tersebut. siswa diberikan tugas perbaikan atau pengayaan
|
Guru mengaitkan KBM dengan pengalaman siswa
sehari-hari
|
Siswa menceritakan atau memanfaatkan pengalamannya
sendiri. siswa menerapkan hal yang dipelajari dalam kegiatan sehari-hari
|
Menilai KBM dan kemajuan belajar siswa secara terus-menerus
|
Guru memantau kerja siswa. guru memberikan umpan
balik
|
No comments:
Post a Comment