Artikel Terbaru

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa belajar merupakan suatu usaha untuk mendapatkan kepandaian dan ilmu, berlatih, berubah tingkah laku dan tanggapan yang disebabkan oleh pengalaman. Pada hakekatnya belajar merupakan suatu usaha atau suatu proses yang dilakukan secara sadar, sistematis, disengaja, aktif, inovatif
untuk mendapatkan suatu perubahan-perubahan yang ada dalam dirinya. Adapun beberapa pengertia belajar menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Howard L. Kingsley dalam Dantes (1997) 
Belajar adalah suatu proses bukan produk. Proses dimana sifat dan tingkah laku ditimbulkan dan diubah melalui praktek dan latihan.
  • Hilgard dalam Nasution (1997:35)
Belajar adalah proses melahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalan latihan yang dibedakan dari perubahan-perubahan oleh faktor-faktor yang tidak termasuk latihan.
  • Jauhari (2000:75)
Belajar adalah proses untuk memperoleh perubahan yang dilakukan secara sadar, aktif, dinamis, sistematis, berkesinambungan, integratif, dan tujuan yang jelas.
  • Fontana dalam Khoir (1991)
Belajar adalah mengubah tingkah laku, perubahan adalah hasil dari pengalaman, perubahan terjadi dalam perilaku individu.
  • Thorndike dalam Psikologi Pendidikan
Belajar adalah asosiasi antara kesan panca indra dengan umpuls untuk bertindak.
  • Drs. Slameto (1999)
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya.
  •  Moh. Surya (1981:32)
Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
  • Darsono (2001:4)
Belajar adalah suatu aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap
  • Morgan, dkk (1984)
Belajar adalah "Learning can be defined  as any relatively permanent change in behavior which accurs as a result of practice or experience". Yaitu bahwa perubahan perilaku itu sebagai akibat belajar karena latihan (practice) atau karena pengalaman (experience).
  • Skiner (Syaiful Sagala, 2010:14)
Belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif.
  • Robert M. Gagne (Syaiful Sagala, 2010:17)
Belajar merupakan kegiatan yang kompleks, dan hasil belajar berupa kapabilitas, timbulnya kapabilitas disebabkan: (1)stimulasi yang berasal dari lingkungan; (2)proses kognitif yang dilakukan oleh pelajar.
 

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Pengertian Belajar Menurut Para Ahli"

  1. makasih ya informasinya..cz dah membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah.

    ReplyDelete
  2. sama-sama. terimakasih telah berkunjung ke blog saya, silakan berkunjung kembali.

    ReplyDelete
  3. referensi nya adaaa gak mas ??

    ReplyDelete
  4. @Reska Anugrah>> referensi yang saya punya
    Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA
    yang lainnya saya ngutip dari skripsi,, terima kasih telah berkunjung.

    ReplyDelete