Artikel Terbaru

Pendekatan Pembelajaran Kontekstual

Contextual Teaching and Learning adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya secara teoritis dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan cara melibtkan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yaitu; konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning
Community), pemodelan (Modeling), dan penilaian otentik (Authentic Assessment).
Perbedaan pendekatan kontekstual dengan pendekatan tradisional :

Karakteristik pembelajaran kontekstual bisa dipraktikan di dalam kelas, karena  karakteristik pembelajaran kontekstual sangat bermanfaat bagi peserta didik sebab bisa meningkatkan etos belajar peserta didik, karakteristik pembelajaran kontekstual ini meliputi:

  • Kerjasama
  • Saling menunjang
  • Menyenangkan, tidak membosankan
  • Belajar dengan bergairah
  • Pembelajaran terintegrasi
  • Menggunakan berbagai sumber
  • Peserta didik aktif
  • Berbagi dengan teman
  • Peserta didik kritis guru kreatif
  • Dinding dan lorong penuh dengan hasil kerja peserta didik
  • Laporan kepada orang tua tidak hanya rapor tetapi hasil karya peserta didik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendekatan Pembelajaran Kontekstual"

Post a Comment