Selamat datang di Belajar dan Pembelajaran

Evaluasi itu Penting

Senin, 17 Desember 20120 komentar

Evaluasi atau npenilaian merujuk pada semua sarana yang digunakan di sekolah untuk secara resmi mengukur kinerja peserta didik. Sarana ini meliputi ulangan singkat dan ujian, evaluasi tertulis, dan nilai. Evaluasi peserta didik biasanya difokuskan pada pencapaian akademis, tetapi tidak dipungkiri banyak sekolah juga menilai perilaku dan sikap.
Evaluasi peserta didik mempunyai enam tujuan utama, yaitu:
  • Umpan balik bagi peserta didik
Evaluasi teratur memberi peserta didik umpan balik tentang kekuatan da.n kelemahan mereka. Informasi atau umpan balik seperti ini akan membantu peserta didik meningkatkan tingkat belajar mereka. Untuk lebih bermanfaat sebagai umpan balik, evaluasi seharusnya diberikan spesifik mungkin. Peserta didik yang menerma umpan balik tertulis selain huruf mempunyai kemungkinan yang lebih besar daripada peserta didik lain untuk percaya bahwa
  • Umpan balik bagi guru
Salah satu fungsi evaluasi pembelajaran terpenting tapi sering diabaikan adalah memberikan umpan balik kepada guru tentang keaktifan  pengajaran mereka. Evaluasi juga memberi informasi kepada kepala sekolah dan sekolah tersebut secara keseluruhan, yang dapat digunakan untuk menuntun seluruh upaya reformasi dengan mengidentifikasi dimana saja sekolah atau sub-kelompok dalam sekolah itu memerlukan peningkatan.
  • Informasi bagi orang tua
 Pertama, banyak jenis evaluasi sekolah yang rutin dilakukan memungkinkan orang tua tetap memperoleh informasi tentang perkembangan anaknya disekolah. Kedua, nilai dan evaluasi lainnya menyediakan sistem penguatan berbasis keluarga tidak resmi. Banyak studi menemukan bahwa pelaporan secara teratur kepada orang tua ketika peserta didik menyelesaikan pekerjaan yang baik dan permintaan kepada orang tua untuk memperkuat laporan yang baik meningkatkan perilaku dan pencapaian peserta didik.
  • Informasi untuk pemilihan
 Beberapa ahli sosiologi melihat pemilihan peserta didik ke dalam peran masyarakat sebagai tujuan utama sekolah. Fungsi pemilah-milahan ini terjadi  secara bertahap selama bertahun-tahun masa sekolah.
  • Informasi untuk akuntabilitas
Seiring evaluasi peserta didik berperan sebagai data untuk evaluasi guru, sekolah, distrik, atau bahkan negara. Setiap negara bagian mempunyai bentuk program pengujian untuk seluruh negara bagian yang memungkinkan negara bagian memberi peringkat bagi setiap sekolah dari sudut kinerja peserta didik.
  • Insentif guna meningkatkan upaya peserta didik
Salah satu kegunaan penting evaluasi adalah untuk memotivasi peserta didik guna memberikan upaya terbaik mereka. Pada dasarnya nilai yang tinggi, atau hadiah yang diberikan sebagai imbalan dari pekerjaan mereka sendiri yang baik. 
Best regards,
Dedi Siswoyo

Ditulis Oleh : dedi26 ~ Belajar dan Pembelajaran

Dedi Kanssas Sobat sedang membaca artikel tentang Evaluasi itu Penting. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, silakan isi komentar dalam kotak komentar di bawah sebagai tanda kunjungan. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Belajar dan Pembelajaran - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by dedi26
Proudly powered by Blogger