Selamat datang di Belajar dan Pembelajaran

Penilaian Portofolio

Minggu, 16 Desember 20120 komentar

Penilaian portofolio adalah bentuk penilaian yang otentik, yang diadaptasikan secara luas di sekolah-sekolah pada sekarang ini. Portofolio dapat diartikan sebagai suatu wujud benda fisik dari suatu proses sosial pedagogik. Dalam wujud benda fisik portofolio merupakan bundel, yaitu kumpulan atau dokumentasi hasil pekerjaan peserta didik yang disimpan dalam suatu bundel. Hart mendefinisikan
"Portofolio sebagai kemasan yang menyimpan bukti dari keterampilan, ide, minat dan prestasi seseorang. Tujuan akhir penggunaan portofolio adalah mengembangkan pembelajar yang independent dan mampu memberikan gambaran yang lebih akurat tentang capaian khusus peserta didik serta kemajuan dan bidang-bidang yang membutuhkan perhatian.
Dengan portofolio akan jauh lebih mudah mengembangkan skema penilaian yang menekankan pertumbuhan peserta didik lainnya. Karena evaluasi diri adalah bagian dari integral dari penilaian portofolio, maka iklim yang sangat kompetitif akan terbukti tidak produktif. Peserta didik akan merasa enggan memfokuskan pada kekurangan-kekurangan mereka jika merasa yakin bahwa ini hanya akan merugikan mereka dalam kompetisi untuk meraih nilai tertinggi.
Best regards,
Dedi Siswoyo

Ditulis Oleh : dedi26 ~ Belajar dan Pembelajaran

Dedi Kanssas Sobat sedang membaca artikel tentang Penilaian Portofolio. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini, silakan isi komentar dalam kotak komentar di bawah sebagai tanda kunjungan. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya
Share this article :

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. Belajar dan Pembelajaran - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by dedi26
Proudly powered by Blogger