Artikel Terbaru

Pengertian dan Sintak Model Pembelajaran Konstruktivisme

Menurut Yamin (2012) “Pembelajaran konstruktivisme adalah pembelajaran berpusat pada siswa (student oriented), guru sebagai mediator, fasilitator, dan sumber belajar dalam pembelajaran (p. 10). Sementara Karli dan Yuliariatiningsih (2002) berpendapat “Model konstruktivisme dalam pembelajaran adalah suatu proses belajar mengajar dimana siswa sendiri aktif secara mental membangun pengetahuannya, yang dilandasi oleh struktur kognitif yang telah dimiliki” (p. 4). Sejalan dengan kedua pendapat di atas “Konstruktivisme merupakan proses pembelajaran yang menerangkan bagaimana pengetahuan disusun dalam diri manusia” (Hapsari, 2011, p. 35).
Sintak Model Pembelajaran Kostruktivisme

  • Apersepsi
Pada tahap ini, siswa didorong agar mengemukakan pengetahuan awalnya tentang konsep yang akan dibahas. Bila perlu pendidik memancing dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan problematik tentang fenomena yang sering ditemui sehari-hari dengan mengaitkan konsep yang akan dibahas. Siswa diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan, mengilustrasikan pemahamannya tentang konsep itu.
  • Eksplorasi
Siswa diberi kesempatan untuk menyelidiki dan menemukan konsep melalui pengumpulan, pengorganisasian, dan penginterpretasian data dalam suatu kegiatan yang telah dirancang pendidik. Secara berkelompok didiskusikan dengan kelompok lain. Secara keseluruhan, tahap ini akan memenuhi rasa keingintahuan siswa tentang fenomena alam disekelilingnya. 
  • Diskusi dan Penjelasan konsep
Siswa memberikan penjelasan dan solusi yang didasarkan pada hasil observasinya ditambah dengan penguatan pendidik, maka siswa membangun pengetahuan baru tentang konsep yang sedang dipelajari. Hal ini menjadikan siswa tidak ragu-ragu lagi tentang konsepnya.
  • Pengembangan dan Aplikasi
Pendidik berusaha menciptakan iklim pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengaplikasikan pemahaman konseptualnya, baik melalui kegiatan atau pemunculan dan pemecahan masalah-masalah yang berkaitan isu-isu di lingkungannya.


thank for : paparputrarasmin

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pengertian dan Sintak Model Pembelajaran Konstruktivisme"

  1. Yunita Dwi Rahmawati

    Teorinya sangat mudah d pahami dan mudah d mengeri bagi seluruh orang atau siswa

    ReplyDelete
  2. Tri Yanti

    Menurut saya artikel ceritanya sangat menarik bagi si pembaca dan mudah di pahami oleh semua orang.

    ReplyDelete