Artikel Terbaru

Tips-Tips Mengamankan Perangkat Android

Android merupakan sistem operasi terbuka yang memungkinkan semua orang bisa mengembangkan segala aplikasi dan menimpannya di Android Market untuk dapat di download oleh semua pengguna android. Hal ini dapat menjadi salah satu penyebab datangnya malware. Aplikasi yang muncul pada Android Market bisa tanpa melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Aplikasi security dapat dijadikan salah satu alternatif dalam menangani malware, dan selain itu juga bisa menggunakan tips seperti di bawah ini:

  • Mengaktifkan PIN atau Pola

Udah barang kepastian untuk semua orang tidak ingin jika Android-nya dijailin orang lain, dari sekedar oprek-oprek doang sampai mencuri data atau foto yang bersifat pribadi. Untuk itu “wajib” memasang fitur pengunci ponsel Android, gunakan password yang anda kombinasikan sehingga hanya kamu saja yang tau dan yang di-Atas tentunya. Fitur pengunci dengan sandi ini merupakan bawaan dari android itu sendiri. Cara menggunakannya adalah pilih menu setting-location and security-set screen lock. Dalam screen lock ini terdapat empat pilihan yaitu none, pattern, PIN dan password. Silakan pilih settingan yang anda sukai dan anda anggap paling aman.

Setting Setting Screen Lock Setting Screen Lock_1

  • Backup

Jika anda mempunyai banyak waktu luang, rajinlah Backup Data pada Android anda pada SD card, dan bisa anda copy ke Laptop anda sebagai salinan.

BackUp BackUp_1

  • Memeriksa hak akses

Beberapa aplikasi security memungkinkan  sebuah audit untuk melacak aplikasi yang memiliki hak terlalu banyak. Anda dapat melihat akses setiap aplikasi di setting-applikasi.

Unknown sources Unknown sources_1

  • Update aplikasi dan software

Coba berhati-hati terhadap aplikasi situs mobile yang dipenuhi oleh iklan. Situs seperti Facebook dan Twitter memiliki versi yang sudah dioptimalkan untuk mobile, tapi ada kemungkinan situs seperti ini juga telah dimasuki spam. yang harus anda waspadai adalah aplikasi gratis yang memiliki banyak iklan. Anda harus menjaga system operasi ponsel up-to-date dengan memungkinkan update otomatis atau update menerima ketika diminta dari penyedia layanan, penyedia system operasi, produsen perangkat atau penyedia aplikasi. Dengan menjaga system operasi up-to-date, anda mengurangi resiko terhadap ancaman cyber.

  • Gunakan aplikasi anti maling

Aplikasi semacam ini dapat menjadi solusi saat Android anda hilang atau dicuri. Biasanya aplikasi ini bekerja dengan langsung mengunci system dari jarak jauh agar tidak bisa digunakan. Jika beruntung, kamu bisa melacak kembali keberadaan Android yang hilang tersebut, atau paling tidak data anda yang ada di dalamnya tersimpan dengan aman.

  • Koneksi internet hanya jika diperlukan

Untuk menghindari login yang tak diinginkan ke sebuah hotspot yang tidak jelas keamanannya, aktifkan koneksi wireless hanya jika digunakan saja.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tips-Tips Mengamankan Perangkat Android"