Artikel Terbaru

Apa itu PAKEM? Pakem adalah....

Istilah PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)  mulai membumi dalam dunia pembelajaran. Guru masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menerapkannya. Istilah PAKEM itu berarti.......

Pembelajaran Aktif adalah pendekatan pembelajaran yang lebih banyak melibatkan aktivitas siswa. Siswa dimotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan motivasi yang tinggi, membangun suatu kerjasama. Tujuannya adalah untuk memperoleh pengalaman belajar, mengembangkan kemampuan berpikir, mensintesis, menilai, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pembelajaran Kreatif merupakan proses pembelajaran yang mengharuskan guru dapat memotivasi dan memunculkan kreativitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Kreatif siswa contohnya dengan membuat/ menciptakan sesuatu, menciptakan sesuatu, mengubah, mengkreasi sesuatu. Guru harus merancang model pembelajaran bervariasi.
Pembelajaran Efektif adalah apabila tujuan pembelajaran yang telah dirancang berhasil guna. Pembelajaran efektif dapat tercapai jika mampu memberikan pengalaman baru, membentuk kompetensi siswa dan mengantarkan mereka ke tujuan yang di inginkan secara maksimal. Guru harus mampu merancang dan mengelola pembelajaran dengan metode atau model yang tepat.
Pembelajaran yang Menyenangkan artinya pembelajaran yang dapat menciptakan suasana yang menggembirakan, sehingga tercipta suasana yang kondusif. Pembelajaran yang menyenangkan (Joyfull learning) merupakan suatu proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat sebuah kohesi yang kuat antara Guru dengan siswa, tanpa ada perasaan terpaksa atau tertekan. Guru harus mampu menciptakan suasana yang demokratis. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu PAKEM? Pakem adalah.... "

Post a Comment