Artikel Terbaru

Perkembangan Intelek atau Kognitif Anak

Intelek atau daya pikir seseorang berkembang sejalan dengan pertumbuhan syaraf otaknya. Kemampuan intelektual atau kemampuan berpikir dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik. Perkembangan lebih lanjut tentang perkembangan intelek ini ditunjukkan pada perilakunya, yaitu tindakan menerima dan menolak terhadap sesuatu hal. Fungsi ini terus berlanjut atau berkembang mengikuti kekayaan pengetahuannya. Perkembangan kemampuan berpikir semacam ini dikenal sebagai perkembangan kognitif.

Menurut Piaget (sarlito, 1991:81) perkembangan kognitif seseorang mengikuti tahapan berikut ini:
  • Masa sensori motorik (0 - 2,5 th) 
Masa ini adalah masa ketika bayi menggunakan sistem penginderaan dan aktivitas motorik untuk mengenal lingkungannya. Ia memberikan reaksi motorik terhadap rangsangan yang diterima dalam bentuk refleks.
  • Masa praoperasional (2 - 7 th) 
Ciri khas masa ini adalah kemampuan anak dalam menggunakan simbol yang mewakili suatu konsep. Kemampuan ini memungkinkan seorang anak melakukan tindakan yang berkaitan dengan hal yang telah dilihatnya. 
  • Masa konkreto prarasional (7 - 11 th) 
Pada tahapan in, anak sudah dapat melakukan berbagai aktivitas yang konkret. Ia mulai mengembangkan tiga macam operasi berpikir, yaitu identifikasi (mengenali sesuatu), negasi (mengingkari seauatu), dan reprokasi (mencari hubungan timbal-balik antara beberapa hal).
  • Masa operasional (11 - dewasa) 
Pada usia remaja dan seterusnya, seseorang akan mampu berpikir abstrak dan hipotesis. Pada tahap ini, ia mampu memperkirakan hal-hal yang mungkin terjadi. Ia dapat mengambil kesimpulan dari suatu pernyataan.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Perkembangan Intelek atau Kognitif Anak"

  1. Saya setuju dengan artikel yang dibagikan anda. Pasalnya, memang benar bahwa perkembangan intelek atau kognitif anak dikelompokan dalam beberapa tahapan. Namun, perlu juga ditambahkan faktor - faktor yang mendukung ataupun mempengaruhi perkembangan intelektual atau kognitif anak supaya para orang tua lebih paham akan hal diatas. Terimakasih.
    TOMI

    ReplyDelete
  2. Terimakasih ats artikel yang anda buat menarik dan sangat bermanfaat bagi saya dan banyak orang:D
    #Tatang.s

    ReplyDelete
  3. Saya setuju dengan artikel anda Cukup Bermanfaat Bagi saya

    **Ari riyanto**

    ReplyDelete